Euro Tertekan Negative-nya Data Trade Balance Prancis

Euro Tertekan Negative-nya Data Trade Balance Prancis

Mata uang Euro pada perdagangan market hari ke empat pekan ini di prediksi masih akan berada dalam tekanan. Berkaca pada perdagangan sehari sebelumnya, pelemahan mata uang Euro terjadi akibat adanya penguatan Dollar AS yang terbatas terhadap beberapa  mata uang utama lainnya. Selain itu rilis data Trade Balance Prancis yang negative turut menekan Euro.

Meski volume perdagangan pada Rabu kemarin berada dalam range yang terbatas, namun pada sesi Amerika justru pergerakan mata uang Euro justru tidak terlalu aktif. Hal ini dikarenakan para pelaku pasar masih menunggu pernyataan dari beberapa pejabat The Fed yang akan memberikan pandangan ekonomi nya.

Greenback sempat berada dalam tekanan pelemahannya, imbas menurunnya yield obligasi dengan tenor jangka Panjang 10 tahun. Selain itu salah satu pejabat The Fed memberikan pandangan “dovish” nya. Beliau adalah ketua Bank Sentral negara bagian New York “John William” yang mengatakan bahwa masih di perlukan banyak kemajuan terutama di pasar tenaga kerja agar rencana kebijakan moneter dan fiscal lainnya bisa dilaksanakan.

Selain itu di sisi lain dalam Beige Book The Fed mengatakan bahwa kondisi ekonomi Amerika pada Agustus kemarin mengalami sedikit penurunan imbas adanya gelombang baru penderita pandemic Covid-19 varian baru yang melanda rumah makan/restoran serta travel dan tempat wisata.

Posisi yield obligasi dengan tenor 10 tahun menurun menjadi 1,33% dari sebelumnya berada pada level 1,38%. Sehari sebelumnya yield obligasi jangka panjang ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan meski data ketenagakerjaan AS mengalami penurunan, sedangkan tingkat upah dan inflasi berada pada level lebh tinggi dari yang diharapkan.  Kenaikan inflasi ini bisa saja menjadi sandungan bagi pejabat The Fed dalam melaksanakan rencana tapering nanti.

 

Analisa Tekhnikal EURUSD

Di prediksi Trend akan berusaha untuk Bullish namun terbatas.

 

Pivoit poin = 1,18223

Support 1 = 1,17941

Support 2 = 1,17732

Support 3 = 1,17450

Resistance 1 = 1,18432

Resistance 2 = 1,18714

Resistance 3 = 1,18923

 

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatian Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan trading anda tetap berlanjut.  Happy Trading dan salam profit konsisten