GBP: CPI Effect

GBP: CPI Effect

Semangat belajar dan salam sehat serta salam trading sobat trader, hari ini Rabu 15 September 2021 kami akan memberikan informasi mengenai rilis data ekonomi  high impact yang akan mempengaruhi pergerakan harga di market. Ulasan ini semoga berguna dan membantu sobat trader sebelum melakukan trading di market dan diharapkan menjadi tambahan informasi dan wawasan pengetahuan seputar rilis data ekonomi high impact dengan melihat calender ekonomi  dimarket. Sangat di sarankan dan dianjurkan selain Analisa fundamental (rilis data ekonomi) sobat trader perlu juga untuk memperhatikan Analisa tekhnikal, yaitu dengan membuat level – level psikologis market untuk pair tertentu dengan menggunakan perhitungan Pivot poin, Support dan Resistance.

Rabu  15 September 2021 akan rilis data GBP : CPI yang akan dirilis pada pukul 13:00 WIB (https://www.forexfactory.com/calendar). Efek rilis data inflasi ini akan memberikan dampak  yang cukup besar terhadap pair GBP (Poundsterling),  pastinya akan juga berdampak besar terhadap pair lainnya yang berkaitan dengan mata uang Poundsterling  tersebut.

CPI = Consumer Price Index merupakan data ekonomi yang akan memberikan gambaran suatu rata-rata  harga barang dan jasa di  tingkat konsumen khususnya di Inggris. Dimana rata-rata harga barang dan jasa merupakan tolak ukur dari tingkat inflasi secara keseluruhan. Seperti kita ketahui inflasi sangat penting untuk tolak ukur menguat atau melemahnya mata uang. Pastinya kondisi mata uang erat kaitannya dengan tingkat suku bunga acuan. Tingkat inflasi juga menjadi bahan pertimbangan bagi Bank Sentral suatu negara dalam mengambil keputusan apakah nantinya tingkat suku bunga akan di pertahankan, dinaikkan atau diturunkan.

Untuk data CPI Inggris ini di prediksi 2,9 % sedangkan periode sebelumnya 2,0 %. Mengacu dari data ini, para analis memperkirakan data tersebut akan bagus untuk mata uang Poundsterling. Jika actual  (data sesungguhnya) yang akan di rilis siang nanti pada pukul 13:00 WIB,  jika sesuai prediksi maka akan sedikit menguatkan mata uang Poundsterling, jika di rilis diatas prediksi dan diatas periode sebelumnya maka penguatan Poundsterling akan cukup besar.